Minggu, 05 Desember 2010

Ceracau (Konon)

Oleh : Muhammad Ilham

Konon, istana Versailes Perancis nan megah itu, pertama sekali dibangun sekitar abad ke-18, tidak terdapat satu-pun WC di seluruh kamar dan sudut istana, kamar mandi hanya sedikit yang itu digunakan bersama-sama. Sementara, berdasarkan tinggalan arkeologis, empat ribu tahun lalu, masyarakat di Lembah Sugai Indus sudah mengenal WC. Konon, Presiden terkenal Amerika Serikat yang dianggap rasionalis-pragmatis - Benjamin Franklin - merupakan anggota Helfire Club yang memiliki kegandrungan melaksanakan pesta-pesta untuk mengundang setan. Konon, Mussolini yang dianggap pintar luar biasa oleh kaum fasis dunia ternyata pernah diusir gurunya karena menusuk pantat temannya dengan pisau. Edward Kennedy, senator Amerika Serikat dengan otak gilang gemintang, adik Presiden flamboyan JFK itu, pernah dikeluarkan dari Harvard karena ketahuan menyontek kala ujian. Konon, Presiden Amerika Serikat Lindon Baines Johnson yang pendiam-baby face tersebut bukanlah "remaja" yang baik kala berumur belasan tahun, pernah kabur selama 2 tahun dan tidak pulang-pulang ke rumah. Konon, Raja Mogut dari Siam (Thailand : sekarang), mempunyai bini 9.000 orang dan gundik, juga salah seorang Sulthan Turki Utsmany pernah "melempar" gundik-gundiknya dalam puluhan "goni" ke Selat Bhosporus. Konon, Ratu Zingua dari Angola pernah mempunyai harem lelaki dan kemudian memenggal kepala mereka setelah melakukan hubungan cinta.

Dan konon, sampul konstitusi Perancis terdiri dari kulit bangsawan yang di"kuliti" saat terjadinya revolusi. Konon, pendeta wanita pada kuil Indian purba suka melakukan hubungan seks dengan para pemuja dan kemudian memungut bayaran untuk kas kuil. Lelaki suku Tuareg di Sahara memakai cadar, sementara wanitanya justru tampak muka dan buah dadanya. Cassanova, konon, pernah hampir menikahi anak perempuannya, karena ketahuan oleh ibu si perempuan ini, maka Cassanova mengurungkan pernikahan tersebut. Konon, Raja Mataram Islam, Amangkurat I "mempergilirkan" gundiknya buat sang anak, Amangkurat II. Konon, Raja Henry VI membuka sidang parlemen Inggris ketika umurnya 3 tahun, dan si-Henry ini terus menangis meraung-raung selagi sidang berlangsung. Konon, ada satu suku di Angola yang membuat rumah mereka dari tahi sapi dengan campuran tahi manusia, dan mereka sangat menikmati "parfum" itu. Konon, pendiri Singapura Lee Kuen Yew tidak pernah absen membawa termos yang (selalu) berisi teh panas kemanapun ia pergi. Konon, Idi Amin si penguasa Uganda dikenal "canibal", memakan beberapa daging lawan-lawan politiknya. Daging-daging itu disimpannya dalam kulkas. Konon, Idi Amin ini tak tamat Sekolah Dasar.

Ternyata, banyak yang aneh-aneh bila ber-konon-konon, walaupun "berita" ini tidak dibuat-buat. Tapi bila, Gayus yang pegawai pajak itu memiliki uang "rampokan" lebih dari 100 milyar, itu bukan konon lagi. Saya tak tahu, apa hubungan tulisan diatas dengan Gayus yang "cengar-cengir" setiap sidang berlangsung dengan wajah "tanpa dosanya". Namun yang pasti, beberapa puluh tahun ke depan, akan ada kalimat, (konon), pegawai kecil di Indonesia (asal bekerja di Pajak dan institusi lain yang "dicurigai") bisa memiliki kekayaan 100 Milyar lebih, walau ia hanya golongan III A dengan masa kerja 5 tahunan. Seandainya-lah, ya .. seandainya, saya memiliki anak laki-laki, saya (takut) memberinya nama dengan Gayus Lumbuun .. eh, salah, Gayus Halomoan. Takut, bila ia dewasa nanti, ia akan terbebani dengan (konon). Hehe.

Foto : Kubisme Pablo Picasso (google.com)

Tidak ada komentar: