Sabtu, 19 Mei 2012

Sukhoi dalam Kenangan Foto


Sukhoi ...... menjadi kosakata paling "familiar" di ranah publik tanah air satu  minggu belakangan ini.  Sukhoi adalah pesawat andalan dari negeri Rusia. Nama itu diambil dari nama belakang Pavel Osipovich Sukhoi. Lelaki ini lahir 22 Juli 1895 di sebuah desa kecil dekat kota Vitebsk, yang kini dikenal sebagai Belarusia. Sukhoi adalah murid Andrey Tupolev, yang dikenal sebagai perintis teknologi penerbangan di negeri Leo Tosltoy itu. Tahun 1953, Sukhoi mulai mengembangan platform pesawat tempur baru. Ini adalah jet tempur tercanggih negeri itu. Namanya kemudian diabadikan dalam nama pesawat tempur itu. Dia wafat 15 September 1975.Belakangan Rusia ingin masuk ke bisnis penerbangan sipil.  Pesawat Sukhoi Superjet 100 yang jatuh di Gunung Salak adalah bagian dari proyek besar ini. Pesawat ini dibikin Sukhoi Civil Aircarft. Perusahaan ini datang ke Indonesia guna mempromosikan kecangihan pesawat itu.  

Dan pada Rabu 9 Mei 2012, duka bangsa ini bermula. Pesawat Sukhoi  Superjet-100 (SSJ-100) yang melakukan "joy flight" kloter kedua, rute Halim-Pelabuhan Ratu, tiba-tiba putus kontak. Pesawat  itu menghilang dari radar, sekitar 20 menit setelah tinggal landas. Take off pukul 14.12 WIB, hilang pukul 14.33 WIB.  Padahal, demo terbang kloter pertama sukses. Sekitar 40 menit terbang, pesawat kembali ke Halim. Sukhoi dinyatakan raib pada koordinat 06.43.08 S dan 106.43.15 BSN. Baru ke esokan harinya, dari pantauan helikopter, terlihat serpihan pesawat berceceran di tebing curam Salak I, dengan kemiringan 85 derajat, nyaris tegak lurus. Ada lambang Sukhoi di sana. Bangkai pesawat ditemukan di titik yang diperkirakan, 0642612 dan 10644412 di ketinggian 2.500 kaki, 3,5 kilometer dari Cijeruk. Indonesia kemudian "berduka".

Berikut foto-foto yang diunggah blogger sergeydolya, yang kebetulan mengikuti perjalanan promosi Sukhoi ke Indonesia (waktu di Indonesia, sergeydoyla mengikuti perjalanan penerbangan pertama, sedangkan kecelakaan itu terjadi pada penerbangan kedua).  Dolya bercerita tentang pilot Rusia Alexander Yablontsev dan awak pesawat termasuk pramugarinya.  Dolya juga sempat berbincang dengan pramugari Sky Aviation dari Indonesia. Blogger Rusia itu memotret para pramugari itu selama penerbangan pertama.

























Referensi narasi : vivanews.com/sorot & tempointeraktif.com - wikipedia.com

Tidak ada komentar: