Senin, 04 Juni 2012

Memperkenalkan Mama Theresa

Oleh : Muhammad Ilham 

Saya (akan) mendongengkan kisah hidup Mama Theresa kepada anak-anak saya.  (selain Fatimah Az-Zahra, yang sangat saya kagumi, sulit mencari figur wanita inspiratif non-mitologik, dalam khazanah sejarah Islam. Islam yang saya fahami adalah Islam yang menghargai wanita. Tapi sayang, budaya tempat berkecambahnya Islam tidak memberikan "ruang" lebih sebagaimana halnya "ruang" bagi laki-laki. sehingga tak salah kemudian bila sulit menjumpai wanita-wanita inspiratif, seumpama Mama Theresia, dalam sejarah Islam. kalau-pun ada, banyak yang bernuansa mitologik). 

Pagi tadi saya membaca time.com (murid-murid sekolah di sebuah sekolah khusus wanita Afghanistan, keracunan. diasumsikan racun melalui asap, disebarkan oleh kelompok Taliban yang tidak menginginkan kaum wanita sekolah. bukan ajaran Islamnya, tapi tafsiran dan kultur yang membentuk tafsiran itu. gara-gara ini, salah satunya, "mama Theresia" tak ada muncul di ranah peradaban Islam mutakhir). Semoga saya salah !!


Sumber foto : time.com

Tidak ada komentar: