Minggu, 13 November 2011

Kereta Api dan Parameter Budaya Bangsa

Oleh : Muhammad Ilham

Saya pernah membaca sebuah novel karangan sastrawan Perancis, kalau tak salah namanya Jean-Paul Sartre. Ia pernah menuliskan sebuah kalimat : "Bila ingin melihat bagaimana negara memberlakukan rakyatnya, lihatlah Kereta Api-nya. Bila ingin melihat budaya negara itu, lihatlah bagaimana masyarakatnya memperlakukan Kereta Api".



Kereta Api Cepat Metro Milik Dubai

Kereta Api Cepat TGV Milik Perancis

Kereta Api Cepat AVE Milik Spanyol

Kereta Api Shinkansen Milik Jepang

Kereta Api KTX Milik Korea

Kereta Api THSR Milik Taiwan

Kereta Api (saya tak tahu merk-nya) .... ada di Pakistan

Kereta Api (saya tak tahu merk-nya) .... ada di India

Nah, ini Indonesia punya ...hehehehe

Bukan karena tidak cinta tanah air, karena bagaimanapun juga, saya masuk dalam bagian itu. Tapi otokritik (termasuk mengkritik diri sendiri) dalam menggunakan alat transportasi umum, adalah bentuk kecintaan saya terhadap bangsa dan negara ini.

Sumber Photo : beberapa situs yang "dilayari" dalam /www.google.com/

Tidak ada komentar: