Minggu, 16 September 2012

Tan Malaka : "Kepada Kalian Sahabat"

Ditulis Ulang : Muhammad Ilham

Kepada kalian para sahabat, tahukah kalian kenapa aku tidak tertarik pada Kemerdekaan yang kalian ciptakan. Aku merasa bahwa Kemerdekaan itu tidak kalian rancang untuk kemaslahatan bersama. Kemerdekaan kalian diatur oleh segelintir manusia, tidak menciptakan revolusi besar. Hari ini aku datang kepadamu, wahai Soekarno sahabatku….. Harus aku katakan bahwa kita belum Merdeka, karena Merdeka haruslah 100 persen.  Hari ini aku masih melihat bahwa Kemerdekaan hanyalah milik kaum elit, yang mendadak bahagia menjadi borjuis, suka-cita menjadi ambtenaar….. Kemerdekaan hanyalah milik kalian, bukan milik rakyat. Kita mengalami perjalanan yang salah tentang arti merdeka, dan apabila kalian tidak segera memperbaikinya maka sampai kapanpun bangsa ini tidak akan pernah Merdeka! Hanya para pemimpinnya yang akan mengalami Kemerdekaan, karena hanya mereka Adil Makmur itu dirasakan. Dengarlah Perlawananku ini….. Karena apabila kalian tetap bersikap seperti ini, maka inilah hari terakhir aku datang sebagai seorang sahabat dan saudara. Esok, adalah hari dimana aku akan menjelma menjadi musuh kalian, karena aku akan tetap berjuang untuk Merdeka 100 persen.” -Tan Malaka-

(c) kaum murba Indonesia

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Ini di kutip dari mana mas??

IFA dan MALIKA ILHAM mengatakan...

Kan sudah dibuat di bawah :
(c) Kaum Murba Indonesia
(URL/Link)