Selasa, 07 September 2010

Pahlawan yang Diinginkan, Bukan Dibutuhkan

Oleh : Muhammad Ilham

“Cukup banyak, ya cukup banyak putra terbaik Minangkabau yang disembunyikan – untuk tidak mengatakan dilenyapkan dalam layar sejarah”, setidaknya demikian kata sejarawan Takashi Shiraishi.

Sejarawan “spesialis” gerakan kiri Indonesia ini mencatat beberapa nama orang Minangkabau yang memiliki kontribusi besar dalam menentukan arah bangsa Indonesia ini, akan tetapi kontribusi itu direduksi. Ada Tan Malaka, ada Mr. Asa’at, Chalid Salim dan Muhammad Natsir – untuk menyebut beberapa nama diantaranya. Asvi Warman Adam, sejarawan urang awak tamatan EHESS Perancis ini suatu waktu pernah menjawab secara tegas pertanyaan yang terus bergelayut dalam memori historis masyarakat Sumatera Barat : “Mengapa Muhammad Natsir terlambat diberi label Pahlawan dan mengapa pula, Tan Malaka diakui dengan “ragu-ragu” (tanda kutip) sebagai pahlawan ?”. Asvi bilang, Tan Malaka dan Muhammad Natsir merupakan tokoh historis panutan, yang satu bercita rasa ideologis, yang satu lagi moralis. Tapi sayang, mereka berdua memiliki kesalahan politis – Ibrahim yang bergelar Tan Malaka itu dianggap tokoh histories komunism Indonesia, sementara Muhammad Natsir seorang pemberontak.

Tan Malaka telah mengalami sebuah ”kecelakaan” sejarah. Dalam bahasa Minangkabau, Tan Malaka tadorong diberi label sebagai pahlawan pada masa rezim Soekarno. Bila seandainya, Tan Malaka tidak ”berakhir” di Selopanggung, tapi disuatu masa setelah kejatuhan Soekarno, maka putra Pandan Gadang Suliki ini, tidak akan dicatat sebagai pahlawan. Karena gelar Pahlawan adalah sebuah gelar ”keramat” yang tidak bisa direvisi ulang, jadilah kemudian pria yang pernah jatuh cinta pada Syarifah Nawawi ini, ”terpaksa” diakui rezim Soeharto sebagai pahlawan yang ”diam-diam”. Tan Malaka (dan juga Mr. Asaat) agaknya lebih beruntung dibandingkan dengan Muhammad Natsir, apalagi bila dibandingkan dengan Chalid Salim. Berceritalah saya sedikit tentang Muhammad Natsir. Saya teringat, ketika itu bulan September 2007. Pemprov Sumbar mengundang beberapa pakar sejarah (diantaranya Taufik Abdullah dan Anhar Gonggong). Gawe ketika itu – Seminar untuk “kembali” mengusulkan Natsir jadi pahlawan. “Kembali” karena usulan pertama ditolak. Dari awal dan akhir seminar, semua sepakat, kontribusi Natsir jauh lebih besar dari cacat politiknya.

Salah satu otak pemberontakan PRRI yang dianggap sebagai cacat politik tersebut, pada prinsipnya bisa dilihat dari latar belakang penyebabnya, tentunya dengan diperkuat data-data sejarah. Ketika itu, saya dan mungkin semua yang hadir hampir sepakat, tak ada lagi alasan rasional untuk tetap menolak Natsir memberikan label pahlawan. Peluh, keringat, nilai-nilai luhur, kemanusiaannya dan nilai-nilai adiluhung yang diberikan oleh Natsir bagi “peradaban sejarah Indonesia” ini, rasanya jauh “menggunung” dibandingkan “onggokan kecil” cacat politiknya. Tapi nyatanya, “sungguh sulit” meletakkan Natsir pada posisi sebagai seorang pahlawan. Majalah Tempo bahkan mengeluarkan edisi khusus untuk mengenang Natsir. Natsir dijulang. Indonesia (baca: pemerintah Indonesia) terlampau "berhati-hati" menganggap Natsir sebagai Pahlawan. Beliau yang bersahaja ini tetap dianggap sebagai pemberontak. Dan ketika Natsir telah diberi label Pahlawan, tetap "sayup-sayup" Natsir sebagai pemberontak, masih terdengar. Setidaknya kala orang bercerita tentang PRRI, dan memposisikan PRRI sebagai pemberontakan, bukan sebagai koreksi. Lihatlah setiap tanggal 17 Agustus, kita kembali disuguhi oleh pahlawan-pahlawan baru, yang kala kita belajar sejarah sejak zaman Sekolah dasar hingga sekarang, pahlawan-pahlawan baru itu, terasa asing bagi kita. Tapi itulah negara, butuh akan pahlawan. 

Foto : diolah dari google.picture.com (cc: luv.islam.com)


3 komentar:

Setiana Dewi mengatakan...

Nama saya dewi Setiana, warga Indonesia, dari kota surakarta. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan crutial disarankan untuk semua warga negara indonesia yang mana untuk mencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya deperately membutuhkan pinjaman, karena keuangan saya situasi yang tidak terlalu baik dan putus asa, aku jatuh ke tangan seorang pemberi pinjaman palsu, dari saudi arabia. Aku hampir mati, sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs. Emiliana, pemilik sebuah organisasi kredit global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya menghubungi dan dia meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp450,000,000 dalam waktu kurang dari 24 jam dari pengolahan dengan tingkat bunga 2% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Mrs. Emiliana mentransfer kredit saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya

sehingga untuk pekerjaan yang baik dari Ibu Emiliana dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk mengingatkan dan berbagi kesaksian saya tentang Mrs. Emiliana, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Emiliana melalui email: emilianawilson11@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: setianadewi2020@gmail.com dan Miss Irawati yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Mrs. Emiliana, Dia juga menerima pinjaman dia dari Mrs. Emiliana. Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: irawatidianna@gmail.com Sekarang, saya seorang pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Allah SWT terus memberkati Ibu Emiliana untuk pekerjaan yang baik dalam hidup saya dan bahwa keluarga saya.

GLORIA'S LOAN COMPANY mengatakan...

Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
JENIS PINJAMAN KAMI
Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

Data pemohon:
1) Nama Lengkap:
2) Negara
3) Alamat:
4) Seks:
5) Bekerja:
6) Nomor Telepon:
7) Posisi saat ini di tempat kerja:
8 Penghasilan bulanan:
9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
10) Periode pinjaman:
11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
12) Tanggal Lahir:
Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
{gloriasloancompany@gmail.com} atau
Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
Salam Hormat

GLORIA'S LOAN COMPANY mengatakan...

Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
JENIS PINJAMAN KAMI
Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

Data pemohon:
1) Nama Lengkap:
2) Negara
3) Alamat:
4) Seks:
5) Bekerja:
6) Nomor Telepon:
7) Posisi saat ini di tempat kerja:
8 Penghasilan bulanan:
9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
10) Periode pinjaman:
11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
12) Tanggal Lahir:
Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
{gloriasloancompany@gmail.com} atau
Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
Salam Hormat