Senin, 04 Juni 2012

Agus Salim (yang) Inspiratif

Oleh : Muhammad Ilham
 
Tentang Agus Salim, selalu menarik dan inspiratif untuk dikisahkan.  Sekarang para pejabat selalu bersolek, pake baju necis dan berlagak alim, umroh dan naik haji berkali-kali tapi tak paham menyejahterakan rakyat. Para pemimpin agama berpakaian agama bak orang suci dan menggunakan simbol-simbol keagamaan seraya teriak-teriak mengumandangkan kebencian. Tapi lihatlah Haji Agus Salim, pakaiannya sederhana, bahkan robek, rumahnya di gang sempit yang becek, hidupnya tidak bermewah-mewah, puasanya rajin, referensi bukunya ribuan, intelektualnya luar biasa, ia bisa banyak bahasa asing, kecerdasannya banyak dikagumi, KeIslamannya amat zuhud. 

Bisakah keIslaman kita seperti Haji Agus Salim, yang berguna untuk bangsa dan agama kita, tampa banyak tingkah, tidak mengomersialisasikan agama dan menyebarkan kebaikan.



Berikut, penggalan kisah tentang Agus Salim dan Mohammad Roem yang mengisi waktu mereka di kolam renang (kiriman seorang kawan) :
 
‘Ajo, Pak Salim, naek keatas papan lontjatan (sprinkplank)….”
’Ah, soedah toea sdr. Roem.......” kata Pak Salim, sambil tersenjoem dan mengeloes-eloes djenggotnja.

Tentoe, Pak Salim tida dapet lagi
melontjat seperti Esther Williams. Tapi.....pelan-pelan dia mendekati aer, dan sampai dipinggir bak, kakinja doeloe jang dimasoekan kedalem aer. Dia mao rasakan dingin atau tidak kemoedian baroe badanja.

....Diharie liboer, hari Minggoe atawa hari laennja, begitoelah pekerdjaan orang terkemuka itoe. Dan dihari itoe marika loepa kepada politiek. Besoek soedah segar kembali dan politiek dapet dilanjoetkan”.


( Sunday Courier, Tahoen 1 No. 3)
 
Referensi : Anton DHN

Tidak ada komentar: