Kamis, 02 September 2010

TKI Indonesia dalam Analisis Pars Pro Toto

Oleh : Muhammad Ilham

Cerita Tenaga Kerja Indonesia (selanjutnya baca TKI) di Malaysia – dan mungkin juga di negara lain – adalah cerita pergulatan keringat dan pertaruhan harga diri bangsa. Keinginan untuk memperbaiki kehidupan dan kuatnya “lambaian ringgit” membuat TKI menjadi cerita menarik di Malaysia.

Hampir dua juta jiwa (yang tercatat !) TKI asal Indonesia mengadu nasib di seluruh pelosok Semenanjung Malaysia, mulai dari Johor hingga Kedah serta Sabah hingga Sarawak. Para TKI ini – bersama-sama dengan tenaga kerja asal Cina, India dan Birma serta Pakistan dan Bangladesh – menjadi entitas tersendiri di negara kerajaan yang berpenduduk lebih kurang 22 juta jiwa ini. Namun entitas TKI jauh lebih mencolok dibandingkan tenaga kerja dari negara-negara lain. Sehingga tidaklah salah apabila dalam perbendaharaan kosa kata masyarakat Malaysia ada kata yang sangat populer yaitu “Indon”, sebuah kata yang menunjukkan entitas orang Indonesia di Malaysia, spesifiknya para TKI – disamping kata “Bangla” untuk menunjukkan entitas tenaga kerja dari Bangladesh.

Di kawasan-kawasan tertentu seperti Kajang, Port Klang, Gombak, Cheras, Klang, Johor Bahru, Seremban, Hulu Langat, Port Dickson, Kuala Lumpur, Melaka, dan Sungai Petani, kata indon adalah kata populer dan sangat familiar. Tak diketahui proses lahirnya kata indon ini. Apakah demi efisiensi atau ejekan, seperti halnya neger untuk negro, sampai sekarang tidak diketahui secara pasti. Tapi yang jelas, ketika saya mulai kuliah di UKM bulan September tahun lalu, penyelia (pembimbing) saya lengkap memanggil nama negara asal saya dengan kata “Indonesia” dan tak pernah sekalipun saya dengar mereka menghilangkan huruf “esia”, sementara itu panggilan indon selalu saya terima ketika saya berbelanja di beberapa sudut kota Kuala Lumpur. Kata indon bahkan untuk diskusi-diskusi lepas yang saya lakukan dengan berbagai kalangan masyarakat Malaysia baik yang beretnis Melayu, India maupun Cina selalu diidentikkan dengan sisi negatif. Nasionalisme saya merasa tertantang.

Benarlah kata Hannah Arendt (1988: 174) bahwa kadang-kadang nasionalisme muncul seketika dikala eksistensi simbol negara terlecehkan oleh entitas out group kita. Tapi apa nak mau dikate, cerita negatif tentang TKI belakangan ini di berbagai media massa Malaysia kembali menguatkan panggilan “Indon” identik dengan panggilan bernada ejekan. Kekerasan sosial seperti kasus-kasus pemerkosaan (bahasa Malaysia : rogol), jenayah dan pembunuhan selalu di blowup oleh media massa tempatan dan hampir selalu kejahatan tersebut bersumber dan melibatkan para TKI. Bahkan terkadang timbul prejudice bahwa pemberitaan berbagai media massa Malaysia terhadap kejahatan yang melibatkan para TKI terkesan sebagai sebuah grand disain – atau bisa saja character assasination – untuk membentuk opini bahwa TKI identik dengan kejahatan dan ketidakdisplinan. Padahal bila kita jujur melihat frekuensi kejahatan yang terjadi di Malaysia selain melibatkan para TKI, penduduk tempatan juga banyak yang melakukan kejahatan sosial. Kasus terakhir yang cukup fenomenal adalah penangkapan gank Mamak (mamak adalah panggilan bagi India muslim Malaysia) yang memiliki spesialisasi perampokan nasabah bank dan rumah-rumah mewah. Akan tetapi, kasus-kasus kejahatan yang melibatkan para TKI akhir-akhir ini justru menyedot perhatian dan opini masyarakat Malaysia sehingga di tengah-tengah masyarakat timbul anggapan pars pro toto.

Pars pro toto adalah sebuah kesalahan dalam mengambil kesimpulan dimana kasus yang kecil dianggap mewakili entitas kasus tersebut dalam skala besar. Kasus-kasus kejahatan yang terjadi dan disebabkan oleh para segelintir TKI, karena pemberitaan berbagai media massa, mengkondisikan timbulnya opini bahwa sebagian besar para TKI memiliki potensi besar untuk melahirkan kejahatan sosial. Sering ungkapan terbentuk : kalau tak karena orang Indon, tak kan dadah ade di Malaysia. Hal ini juga terjadi di Indonesia ketika orang-orang Nigeria banyak yang tertangkap dengan satu modus yang sama, mengedarkan heroin. Pars pro toto akhirnya juga timbul dalam benak masyarakat Indonesia. Padahal kalau kita mau jujur, tak semua orang Nigeria yang “mengadu nasib” di luar negara mereka, berkelakukan seperti itu. Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Persoalan akan timbul dan masuk kedalam wilayah penggerogotan “harga diri bangsa” ketika pars pro toto terjadi. “Segelintir sangat kecil” para TKI yang berbuat salah justru menyebabkan para TKI lain harus menanggung beban “nama buruk”. Rasa kata indon tak lagi menunjukkan identitas sebuah bangsa, tapi justru identik dengan negative streotype.

Foto : salah satu "bedeng" para pekerja Indonesia (biasa disebut dengan : "orang kontrek") di salah satu binaan/pembangunan apartment di Selangor DE. Ada anekdot tentang TKI Indonesia yang dianggap "gesit" oleh orang Malaysia, begini : "disetiap pembangunan apartmen atau bangunan tinggi. lihatlah dibelakang bangunan tersebut, pasti akan ada kebun ubi. Biasanya, setiap pagi, para "orang kontrek" ini makan ubi, dan .... setelah itu, mereka bisa memanjat belasan tingkat". Sebuah anekdot untuk "mengakui" kegesitan para TKI Indonesia.

2 komentar:

Prediction Angka Jitu!!! mengatakan...


SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259












SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل