Kamis, 12 Februari 2009

Fakta-Fakta "Mentah" Sejarah Air Bangis

Oleh : Muhammad Ilham

Dibawah ini akan dipa-parkan secara ringkas fakta sejarah lainnya me-nyangkut posisi Air Bangis sebagai daerah da-gang yang dikutip dari W. Marsden, The Su-matera's, Cet.ke-3, London: BlackHorse, 1941) Marsden mengatakan bahwa pada tahun 1730 M. terdapat beberapa daerah di pantai ba-rat Sumatera yang memiliki intensitas perda-gangan yang cukup tinggi yaitu : Barus, Sungai Taru, Batu Mundam, Sinkuan, Tabuyung, Kun-kun, Natal, Batahan, Air Bangis, Pariaman. Kamper, barus dan emas serta lilin menjadi komoditas perdagangan favorit didaerah ini.

Menurut Kroeskamp (sejarawan Belanda) dalam bukunya De Westkust, pada tahun 1730 di Natal, Air Bangis dan Batahan banyak terdapat pemukiman peda-gang Aceh yang hanya membeli emas. Emas berasal dari lembah Rao. Karena perdagangan ramai di daerah pesisir, ma ka transaksi emas antara orang-orang dari lembah Rao dengan pedagang Aceh dila-kukan di tiga daerah tersebut. Kroeskamp menggambarkan keadaan daerah Natal dan Air Bangis pada tahun 1740-an (ia tak menyebut tahun pasti) sebagai berikut : "Natal dan Air Bangis menjadi tempat berdagang, banyak orang menetap didua daerah ini untuk berdagang, berasal dari Achin (maksudnya: Aceh), Rau (Rao), Menangkabau (daerah darat) dan dari seberang laut (Eropa dan India seperti yang saya tulis dalam Bulletin Lentera Ummat terdahulu). Natal dan Tabuyung menjadi tempat penampungan kain India dan candu. Tahun 1756 Inggris mendirikan pabrik (tidak disebutkan pabrik apa) di Tapanuli. Untuk mem-balas pengaruh Inggris ini, maka Belanda tahun 1756 menetap di Air Bangis". Fakta sejarah ini butuh ditindaklanjuti. Semoga nanti kebenaran sejarah Air Bangis ini bisa terkuak secara keseluruhan.

Foto 1 (Rute Perjalanan APRI Natal-Air Bangis dalam menumpas PRRI)
Foto 2 (Dr. Radja Dorie Lubis, Dokter di Air Bangis tahun 1882 yang ditus pemerintah
Kolonial Belanda untuk membendung wabah kolera)
Sumber : KITLV

1 komentar:

Unknown mengatakan...

assalamualaikum pak / abang..
ambo willy atthoriq anak aiabangih, kuiah di unp jurusan sendratasik...
ambo ndak batanyo tentang kesenian musik aiabangih pak/bang,
kabar2 nyo,ka apak/abang yang bisa batanyo tentang kesenian musik aiabangih, tapi ambo ndo tau alamatapak/abang ndo pak/bang..
bisa apak/abang maagiah ambo informasi tentang kesenian musik kito pak/bang, ambo berencana meneliti kesenian musik aiabangih, kalau kesahihan beritanyo falid, ambo berncana maangkek kesenian musik daerah kito ko untuk skripsi pak/bang, sekaligus untuk memperkenalkan nagari kito ka masyarak luas bahwa nagari kito memiliki kesenian yang unik....
terimakasih sebelumnya pak/bang..
mohon unformasinya...
kalau bapak/abang berkenan, bisa sms ke no ambo pak/bang..
085669008618..