Sabtu, 07 Juli 2012

Si Flamboyan Soekarno (# 1)

Oleh : Muhammad Ilham

Siapa tokoh dunia paling dikagumi tahun 1960-an ? 

Majalah paling berpengaruh pada masa itu - LIFE - menempatkan Soekarno di "pucuak", mengalahkan Kennedy yang ganteng dari negara besar atau Mao Ze Dong maupun Nikita Kruschev. Castro dari Kuba menyebut Soekarno dalam pidato parlemen pertamanya setelah mengalahkan Batista sebagai "guru dan inspirator utamanya", Gamal Abdel Nasser mengabadikan nama jalan boelevard sebagai jalan Soekarno, Tito dari Yugoslavia merasa perlu memandang takzim pada putra fajar ini kala berpidato, revolusioner ulung Ernesto Che Guevarra mengakui mendapat "vitamin" pasca mendengarkan wejangan ayah Megawati ini ....... dan, kedatangannya di berbagai negara disambut bak super-star. Ia-lah tokoh yang berani "menentang" Amerika Serikat dan Uni Sovyet dengan "solusi jeniusnya" ... Non-Blok. 

Life juga mencatat Sukarno adalah pemimpin dunia yang jika ke luar negeri mendapat sambutan luar biasa. Di Amerika Serikat 100 ribu orang berjajar menyambut Sukarno dari Gedung Senat dimana Sukarno berpidato sampai pada tempat-tempat yang dikunjungi Sukarno, di Russia pernah ada Pesta Rakyat bernama Pesta Sukarno. 

Dalam konteks ini, pada akhirnya saya memahami kebanggaan ayah saya terhadap Soekarno kala ia muda. Sungguh, ia memang flamboyan. Tak salah bila penampilannya (pencitraan : istilah sekarang) justru lebih menjadi fokus perhatian, dibandingkan pemikirannya. Padahal, sejarah mencatat, pemikirannya sangat luar biasa, reflektif, "menggerakkan" dan sangat bernas .... hingga sekarang.



 Anda tak suka Lady Gaga atau Musik Western ?
Tiru gaya Bung Karno.
(tutup kuping)


Soekarno sang Putra Fajar putra tersayang Ida Ayu Rai
Bersama (salah satu istrinya) Ny. Fatmawati Soekarno.

Saya tanya sama anak saya yang kecil (perempuan), satu pertanyaan :
"bagaimana menurut malika foto yang laki-laki ?"
  jawabnya, "ganteng sekali, ayah !"
(anak kecil-pun tahu, Soekarno itu ganteng)



Soekarno dengan, istrinya yang lain (lagi) - Ny. Hartini Soekarno


Soekarno, Guntur Soekarno Putra, Fatmawati



"bermantagi"


Si Bung, 3 putrinya dengan rambut panjang kepang dua :
RAHMAWATI (tengah), MEGAWATI (kiri) dan ciuman buat SUKMAWATI.


Soekarno - Fatmawati dan sepeda onthel.


 

 



 

Sumber Foto :
Life.com - Image by (c) Bettmann/CORBIS (c) Corbis

1 komentar:

AGUS HERMANTO mengatakan...

Aku cinta SOEKARNO dan INDONESIA..